DPRD Barito Utara Soroti Banyak Lubang Eka Tambang Belum Direklamasi

- Selasa, 24 Januari 2023 | 17:28 WIB
Salah satu lobang bekas tambang yang hingga kini belum dilakukan penutupan atau direklamasi. Lobang tambang ini berada di wilayah Desa Lemo II, Kecamatan Teweh tengah. Anggota DPRD barito Utara menyoroti trkait lobang tambang yang belum direklamasi. (Foto : Deni/Kaltenglima.com)
Salah satu lobang bekas tambang yang hingga kini belum dilakukan penutupan atau direklamasi. Lobang tambang ini berada di wilayah Desa Lemo II, Kecamatan Teweh tengah. Anggota DPRD barito Utara menyoroti trkait lobang tambang yang belum direklamasi. (Foto : Deni/Kaltenglima.com)

KALTENGLIMA.COM -Lobang bekas tambang batu bara di Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalteng, banyak yang belum di tutup alias direklamasi.

Anggota DPRD Barito Utara, Hasrat Sag menyoroti lobang-lobang bekas tambang yang belum direklamasi itu.

Baca Juga: Cuma 2 Jutaan, Intip Spek Lengkap dan Kelebihan Samsung Galaxy A13

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Utara ini menyoroti lobang tambang yang berada di lahan pertambangan PT Pada Idi di Kecamatan Lahei Barat.

"Lobang tambang di Lahan PT Pada Idi yang kedalamannya hampir 1 kilo itu kapan di reklamasi.  Sampai sekarang masih saja seperti itu. Kita perlu tahu RKAB mereka. Apakah tidak ada dalam RKAB untuk reklamasi," beber Hasrat, saat hearing rapat dengar pendapat (RDP) dengan managemen PT Pada Idi, terkait dugaan pencemaran sungai Palili di Desa Muara Inu, baru-baru kemarin.

Baca Juga: Kronologis Penangkapan Jaringan Narkoba di Barito Utara

Baca Juga: Motif Penembakan Massal di AS saat Imlek, Pelaku Cemburu karena Tak Diundang ke Pesta Dansa

Seharusnya menurut Hasrat, reklamasi sudah selesai tahun kemarin. Jangan dikira dengan adanya uang jaminan reklamasi di taroh di daerah, lalu untuk reklamasi aman. Bukan begitu. "Hal ini harus menjadi perhatian perusahaan untuk melakukan reklamasi," tegas Hasrat.

Sementara itu Kepala Tehnik Tambang (KTT) PT Pad Idi, Aditya Zulkarnain mengatakan, terkait lobang tambang di daerah areal mereka, sudah mulai dibenahi, sejak oktober sampai desember 2022.

Baca Juga: Bintang “Squid Game” Oh Young Soo Didakwa 5 Tahun Karena Melakukan Pelecehan

"Sudah mulai pelan-pelan kita lakukan pembenahan dan sudah ada perubahan dari sebelumnya," kata Aditya Zulkarnain.

Lobang-lobang tambang yang belum direklamasi sebenanrya tidak hanya ada di Kecamatan Lahei. 

Di beberapa lokasi juga ada. Satu diantaranya berada di sekitaran wilayah Desa Lemo II, Kecamatan Teweh Tengah. 

Lobang tambang itu cukup besar. Diperkirakan kedalaman mencapai 300 meter. Sudah hampir belasan tahun tak ditutup alias dibiarkan.

Halaman:

Editor: Fadang Irawan

Tags

Terkini

Parmana Setiawan Pimpin DPC Organda Barito Utara

Sabtu, 4 Februari 2023 | 22:27 WIB

Legislator ini Minta Dana Desa Harus Dikawal

Kamis, 12 Januari 2023 | 21:01 WIB
X